Pages

Pages - Menu

Jumat, 04 Januari 2013

Habatussauda Ubat Segala Penyakit Kecuali Mati.



Assalamualaikum.

Balik dari sekolah tadi, dapat mesej dari Shuhada suruh aku datang jumpa dia, katanya nak bagi benda. Dah berkali jugak aku tanya, apa ke benda yang dia nak bagi tu, selalunya dia bagi makanan, tapi kali ni katanya tak, bukan makanan, tapi benda lain..tak nak jugak bagi jawapan..curious..ada je nak buat surprise..huk alohh.huh.

Sampai je kat dia, dia hulurkan satu botol, tertulis Habatussauda..katanya, Habatussauda ni banyak khasiatnya, obat segala obat, dan tertera kat label Hadis Sahih Bukhari dan Muslim.

Sabda Rasullullah SAW.

" Tetaplah kamu dengan Habatussauda kerana padanya terdapat penawar bagi segala penyakit kecuali As-Saam ( mati ) "

See, Rasulullah sendiri pernah bersabda pasal Habatssauda ni. dan selepas itu, ramai lagi tokoh ilmuan islam yang buat kajian perubatan tentang Habatussauda, ataupun dipanggil dengan nama Jintan Hitam ( melayu ), dan black seed ( English )..Antara hasil kajian mereka :.

Ibnu SinaHabbatus Sauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan kepenatan dan semangat. (Buku Ibnu Sina "Canon of Medicines").

Ibnu Qayyim- Habbtus Sauda berupaya memulihkan penyakit seperti batuk, "bronchitis", masalah perut, kecacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid, menambah susu badan wanita, menambah pengaliran air liur dan sebagainya. (Buku Ibnu Qayyim "Medicine of the Prophet").

Dalam kitab Al Tibb An-Nabawi (Pengobatan Cara Nabi) yang ditulis Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Habbatus Sauda’ dikenal juga sebagai Al Habbah Al Barokah. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa Habbatus Sauda’ dapat mengubati 50 macam penyakit tanpa efek. Suatu ulasan ilmu kedoktoran menampilkan bahawa kandungan Habbatus Sauda’ antara lain:

* Antiinflamasi, mengubati perih/radang tenggorokan.
* Antiarthritis, mengubati reumatik.
* Analgesik, mengubati sakit gigi dan sakit kepala (migrain).
* Aktivitas hormon, mengatur haid dan meningkatkan aliran susu.
* Antiseptik, mengubati bau mulut.
* Antivirus, mengubati demam dan flu.
* Dermatologi, mengubati jerawat dan eksim.
* Urinary tract, mengubati saluran kemih dan batu ginjal.
* Sistem kekebalan, meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal penyakit.
* Gastrointestinal tract, mengubati mabuk, diare, kejang konstipasi, dan empedu.
* Sistem sirkulasi, meningkatkan kinerja jantung.
* Nematocidal, mengubati cacing pita.
* Respiratory tract, mengubati sesak nafas (asma).

Maaf ye, macam ada bahasa indon, paham paham sendiri lah, aku cedok dari sini..banyak lagi info kat google..nak tahu banyak lagi, sila google.

See, banyak kan kebaikan Habatussauda ni, khasiat yang menyeluruh. Kata Shuhada, dia dapatkan habatussauda ni dari orang kampung, mereka tumbuk tumbuk, kiranya yang ori lah, takda campur campur dengan bahan kimia yang lain.. pastu dorang letakkan dalam kapsul..nanti, telan dengan air je, kena makan 2 biji di siang hari, 2 biji malam..murah je, 50 biji - RM10..selain tu, Habatussauda ni juga dijual dalam bentuk minuman dan gel..

tumbuk tumbuk, pastu letak dalam kapsul.

Muda muda macam ni lah nak kena start beramal dengan Habatussauda nih.Kan?..penyakit ni, susah nak nampak masa muda, penyakit ni sembunyi je dulu, tunggu tuaa.. bila dah tua nanti, baru lah semua nak timbul,  barulah rasa seksa, barulah rasa menyesal masa muda muda dulu, semua jenis makanan kita tibai..aku ad baca sendiri testimo ni kat forum carigold..nak tahu banyak benda lagi pasal Habatussauda, singgahlah forum tuh, banyak lagi testimoni, ramai yang mendapat manfaat dari habatussauda ni. so, amalkanlah habatussauda ni masa muda ye.

Bila dah makan, tindak balas awal yang kita dapat.

- Buang angin.
- cirit birit.
- kerap kencing.

Tu tandanya, badan kita menyahkan toksin..

.ada orang nak beli ke?..murah je..hehehe.

sesiapa yang nak order, boleh emailkan di syazwanchederaman@gmail dan com.

Ok, Assalamualaikum.
Bye!.

12 Khasiat Buah Kurma


Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix.  Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).
Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.
RINCIAN KANDUNGAN GIZI KURMA (PER 100 G)
(SUMBER: USDA NATIONAL NUTRIENT DATABASE)
UnsurNilai giziPersen kecukupan gizi
Energi277 Kkal14%
Karbohidrat74,97 g58%
Protein1,81g3%
Total Lemak0,15 g<1%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan6,7 g18%
Asam Folat15 mcg4%
Niacin1,610 mg10%
Asam pantotenat0,805 mg16%
Piridoksin0,249 mg19%
Riboflavin0,060 mg4.5%
Thiamin0,050 mg4%
Vitamin A149 IU5%
Vitamin C0 mg0%
Vitamin K2,7 mcg2%
Sodium1 mg0%
Potasium696 mg16%
Kalsium64 mg6.5%
Tembaga0,362 mg40%
Besi0,90 mg11%
Magnesium54 mg13%
Mangan0,296 mg13%
Fosfor62 mg9%
Seng0,44 mg4%
Beta karoten89 mcg
Lutein-zeaxanthin23 mcg
Kandungan nutrisi kurma
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.
Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Khasiat buah kurma
  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukanmenjaga kulit tetap sehatKonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadappenyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Kalau begitu, betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma!

Makanan Bergizi Untuk Menambah Tinggi Badan


tinggi badanTinggi badan ideal adalah dambaan setiap orang. Banyak orang melakukan olahraga , minum obat peninggi badan, sampai melakukan operasi untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Pertumbuhan biasanya akan terhenti setelah berumur 21-25 tahun pada pria. Lalu untuk wanita pertumbuhannya berhenti pada umur 21 tahun. Bagi yang masih dalam masa pertumbuhan, bagaimana sih agar bisa mendapatkan tinggi badan yang ideal? Berikut ini adalah 3 jenis makanan untuk membantu meninggikan badan.

1. Makanan Berprotein
Protein membantu membantu merangsang pertumbuhan otot dan jaringan lemak. Protein sangat penting bagi yang dalam masa proses pertumbuhan. Anak-anak antara usia 1-3 tahun butuh 13 gram protein tiap harinya, dan anak usia 4-8 tahun membutuhkan 19 gram setiap hari. Anak-anak usia 9-13 tahun membutuhkan 34 gram. 52 gram bagi remaja pria dan 46 gram bagi remaja wanita.

Tubuh pun ternyata masih membutuhkan protein walaupun sudah lewat usia pertumbuhan untuk membangun sel-sel yang telah rusak. Wanita dewasa membutuhkan sekitar 46 gram protein dan pria membutuhkan sekitar 56 gram tiap harinya.

Makanan yang mengandung protein yaitu seperti daging ayam, sapi dan ikan. Lalu susu, kacang-kacangan dan telur.

2. Buah dan sayuran
Buah dan sayuran mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan merangsang pertumbuhan badan.

3. Susu dan biji-bijian
Tubuh sangat membutuhkan kalsium dalam proses pertumbuhan. Karena tulang yang kuat sangat berpengaruh pada tinggi badan. Anak-anak usia 2-3 tahun membutuhkan 1 cangkir susu setiap hari dan anak usia 4-8 butuh 1,5 cangkir susu. Sedangkan anak usia remaja dan orang dewasa membutuhkan 3 cangkir susu setiap harinya.

Sedangkan biji-bijian mengandung energei yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh. Biji-bijian seperti oatmeal, roti gandum dan beras merah.

Selengkapnya tentang tinggi badan silahkan baca cara alami untuk menambah tinggi badan disini

Lalu bagaimana cara menghitung tinggi badan yang ideal. Berikut ini rumusnya

Berat badan + 110 = tinggi ideal

Misal seorang pria memiliki tinggi badan 167 cm dan berat badan 60 kg. Perhitungannya adalah

60 + 110 = 170

Toleransi adalah lebih atau kurang 5cm. Jika ia memiliki tinggi badan 167 cm, berarti ia termasuk memiliki tinggi badan ideal.

sumber: detik

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami [100% Ampuh]


Hampir semua pembaca mungkin sudah mengenal jerawat, malah mungkin pernah atau sedang mengalaminya. Sebetulnya, apa pengertian jerawat bila ditinjau dari sisi ilmiahnya? Apa sebabnya kita jerawatan? Akan kita bahas disini alasannya.
Jerawat, arti dasarnya adalah kelainan pada unit pilosebaceous, atau biasa disebut kantung rambut atau pori-pori. Jerawat termasuk kelainan kulit yang paling banyak terjadi dihampir semua negara, tidak memandang ras atau status sosial. Jerawat vulgaris, biasanya cukup dikenal dengan nama jerawat saja, diklasifikasikan sebagai penyakit radang kronis pada kulit yang umum terjadi. Secara ilmiah hal ini diduga disebabkan oleh interaksi dari empat faktor, yakni:
  • Meningkatnya produksi sebum, antara lain akibat pengaruh hormon androgen yang menyebabkan pembesaran kelenjar sebaseous.

  • Keratinisasi yang abnormal berupa hiperkretanisasi dan hiperprofiliferasi dari sel-sel pada daerah infra infindibulum, yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran pilosebasea oleh keratin dan sebum yang mengeras.

  • Porofiliferasi (Perkembangbiakan) bakteri P.Acnes. Kolonisasi mikrobial menyebabkan meningkatnya lipolisis dan menginduksi kemotaktik faktor yang menarik neutrofil dan memegang peranan pada pross peragangan.

  • Peradangan/inflamasi.
Perhatian: Kalau anda memang serius untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang parah sekalipun, pastikan baca metode alami 21 hari bebas jerawat disini
Untuk mengetahui jerawat yang disebabkan oleh hormon, anda bisa membaca ciri-cirinya dibawah ini:
  1. Jerawat jenis ini biasanya muncul pada saat pubertas atau saat memasuki masa remaja, sekitar umur 13-17 tahunan.

  2. Khususnya bagi kaum perempuan, jerawat ini akan keluar menjelang haid, masa-masa kehamilan dan ketika masa menopause tiba.

  3. Jerawat ini tidak mempan dengan obat-obatan anti jerawat biasa. Makanya jangan heran, terkadang seseorang yang menderita jerawat jenis ini sering kesal karena setelah diobati dengan berbagai jenis obat jerawat tapi tidak sembuh-sembuh.
Cara menghilangkan Bekas Jerawat secara alami:
Bekas luka dari jerawat bisa terlihat seperti hukuman ganda. Pertama anda harus menderita selama berjerawat, dan sekarang Anda memiliki bekas, flek, bopeng, atau tanda untuk “mengingatkannya”. Adakah sesuatu yang dapat anda lakukan?
Noda, flek, atau bekas jerawat dalam istilah medis dikenal dengan cicatrix, yang merupakan tanda yang tersisa pada kulit setelah disembuhkannya jerawat, luka bakar, atau sayatan bedah dimana jaringan fungsional normal kulit hilang atau digantikan oleh jaringan ikat (hyperthropic atau parut keloid). Noda bekas jerawat paling serius disebabkan oleh jerawat yang parah, dan cara terbaik untuk mencegahnya adalah mendapatkan perawatan dengan segera setelah jerawat muncul. Jika anda memiliki nodula, segeralah temui dokter atau dokter kulit. Mencegah lebih baik daripada mengobati. :)
Meski banyak orang yang sembuh dari jerawat tanpa menimbulkan efek permanen, namun beberapa orang lainnya mengalami parut bekas jerawat baik ringan atau parah. Saat ini memang tersedia banyak produk dan obat lokal yang dapat memperbaiki bekas jerawat ringan, tetapi sebagian besar bekas jerawat yang parah perlu diobati dengan kombinasi proesedur bedah dan perbaikan permukaan kulit. Jerawat ringan biasanya tidak meninggalkan bekas yang tahan lama. Dan ketika bekas jerawat diobati lebih dini, hal ini meningkatkan kemungkinan kulit pulih sepenuhnya tanpa cacat yang signifikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati bekas jerawat sesegera mungkin.

Beberapa cara pengobatan tradisional dan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa anda coba dirumah:
  • Pengobatan Menggunakan Lemon
    Jika bekas jerawat anda berwarna gelap, anda dapat menggunakan jus lemon untuk mencerahkannya. Bersihkan wajah anda dengan jus lemon. Bubuhkan satu sendok teh juslemon ke bola kapas dan oleskan secara halus diatas bekas jerawat. Biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas. Berhati-hatilah dengan jus lemon karena bisa membuat kulit anda peka terhadap cahaya. Jadi pastikan untuk menggunakan tabir surya pada area yang anda olesi dengan jus lemon sebelum terkena sinar matahari. Baca petunjuk lanjutnya disini

  • Menggunakan soda dan minyak zaitun
    Lakukan pengelupasan kulit anda dengan baking soda. Sering kali baking soda tertentu digunakan dalam perawatan microdermabrasi kosmetik. Anda dapat menjalankan sendiri perawatan microdermabrasi sederhana dengan mencampur satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air higienis. Lalu gosok perlahan campuran tersebut pada bekas jerawat anda selama enam puluh detik lalu bilaslah dengan bersih.Setelah pengelupasan kulit menggunakan soda, pijatlah wajah anda dengan minyak zaitun. Bekas jerawat dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalan. Anda juga bisa mencoba obat jerawat yang menggunakan bahan alami.Nutrisi pelembab dalam minyak zaitun akan menembus kulit untuk melembapkan dan melembutkan tekstur kulit anda.

  • Mengatasi bekas jerawat dengan Minyak Nanas
    Selain makan buah-buahan segar untuk memasok kulit anda dengan vitamin C yang dibentuk oleh kolagen, anda juga dapat mengoleskan buah-buahan tersebut ke wajah sebagai asam pengelupas kulit yang lembut. Misalnya oleskan minyak nanas dengan lembut ke wajah anda. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Karena nanas mengandung asam askorbat, ini akan memberikan efek cerah pada wajah, dan membantu memudarkan bekas jerawat tersebut dan bisa juga untuk menghilangkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Kalau anda benar ingin memulihkan bekas jerawat dalam waktu lebih cepat, jangan lupakan AIR. Kulit anda membutuhkan air untuk menjaga kemontokannya, menghilangkan racun, dan membangun sel-sel kulit baru. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk menjadikan kulit anda berkualitas dan lebih segar. Kunci rahasia lainnya yang anda butuhkan adalah KONSISTENSI. Bekas jerawat terbentuk selama berminggu-minggu, lapis demi lapis. Untuk menghilangkannya, anda perlu menggunakan resep alami ini setiap hari agar bisa menghilangkan jaringan kulit yang rusak lapis demi lapis pula.
Semoga bekas jerawat anda bisa hilang, selamat mencoba..!!

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat



jerawatJerawat yang sudah hilang terkadang menimbulkan bekas jerawat pada wajah. Bekas jerawat ini tentu saja mengganggu penampilan. Beberapa kasus jerawat bahkan meninggalkan bekas jerawat yang tidak bisa hilang dalam waktu yang cukup lama.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat di wajah? Beberapa waktu yang lalu Tipsehat4u pernah menulis bagaimana cara menghilangkan jerawat. Jerawat sudah hilang, kini tinggal bekasnya saja. Sialnya lagi bekas jerawat ini justru nempel di wajah lebih lama daripada jerawat itu sendiri.

Bagi yang merasa resah dengan bekas jerawat di wajah, tenang saja. Karena ada beberapa bahan alami yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini adalah 4 bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat

1. Aloe Vera/Lidah Buaya
Lidah buaya sudah digunakan dari berabad-abad lalu untuk perawatan kulit dan rambut. Ternyata lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Saat ini bahkan sudah banyak produk penghilang bekas jerawat dengan bahan dasar lidah buaya.

2. Madu
Selain rasanya yang manis, madu merupakan bahan alami antibakteri dan dapat menghaluskan kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan madu, bisa dengan mengoleskan madu di sekitar bekas jerawat lalu pijat selama beberapa menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat.

3. Minyak Zaitun
Tidak dipungkiri, minyak zaitun termasuk bahan alami yang banyak terkandung di kosmetik. Minyak zaitun dapat dipakai untuk melembutkan kulit seperti madu. Minyak zaitun ini bisa mengurangi bekas jerawat yang menempel di wajah.

4. Tomat
Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin A. Tomat dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat membersihkan kulit wajah dari bekas jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah, iris tomat lalu tempelkan pada bekas jerawat minimal 2 kali sehari.

5. Asam glikolat (glycolic acid)
Asam glikolat banyak ditemukan di dalam pohon tebu. Asam glikolat yang dioleskan di kulit, dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Asam glikolat juga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun jangan terlalu berlebihan karena efek sampingnya dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi kulit.

Itu tadi 5 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Semoga bermanfaat.

Inilah Makanan yang Mengandung Asam Folat


Asam folat (acid folid) adalah vitamin yang larut dalam air. Asam folat dibutuhkan oleh anak-anak maupun dewasa untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Ibu dalam masa kehamilan juga sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Hal ini untuk mencegah bayi lahir prematur atau cacat, termasuk cacat sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect).

Bagi yang berencana hamil disarankan mengkonsumsi asam folat yang cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan asam folat atau Vitamin B-9 pada ibu hamil dapat mengurangi risiko melahirkan anak dengan gangguan pertumbuhan, termasuk autisme dan sindroma Asperger. Asam folat juga bermanfaat merangsang lahirnya anak kembar. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim Australia menunjukkan bahwa, ibu yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folatmemiliki kemungkinan lebih besar 40 persen untuk melahirkan anak kembar dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsi asam folat.

makanan yang mengandung asam folat

Manfaat asam folat yang lainnya yaitu mencerahkan kulit, menjaga kesehatan mata, mencegah kerusakan syaraf, meningkatkan kadar testosteron, mencegah penyumbatan arteri, meningkatkan mood bahagia, sampai mencegah alzheimer dan manfaat besar lainnya.

Makanan yang Mengandung Asam Folat


Cukup mudah untuk menemukan makanan yang mengandung asam folat. Sebagian besar makanan tersebut sudah biasa kita konsumsi sehari-hari. Makanan tersebut diantaranya yaitu

1. Sayur-sayuran
Sayuran yang mengandung asam folat antara lain bayam, kangkung, brokoli, daun bawang dan kentang.

2. Buah-buahan
Buah yang mengandung asam folat yaitu pisang, jeruk, tomat, buah bit, dll.

3. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung asam folat. Kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan kacang lainnya memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak.

Selain itu nutrisi asam folat juga banyak ditemukan pada makanan lain seperti sereal dan roti. Makanan yang telah disebutkan memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa bahwa asam folat adalah vitamin yang sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi. Untuk itu disarankan mengkonsumsimakanan yang mengandung asam folat dalam kondisi mentah seperti salad. Dan jika butuh dimasak, jangan memasak terlalu lama untuk mencegah berkurangnya kandungan asam folat.

7 Manfaat Minum Air Putih yang Harus Diketahui


Diantara kita semua mungkin ada yang bertanya, kenapa sih kita harus minum banyak air putih? Kenapa banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air putih 8 gelas sehari? Air putih memang banyak diminum oleh semua orang. Namun tidak banyak orang tahu manfaat besar yang terkandung dalam air putih. Sebagian orang justru lebih suka mengkonsumsi minuman lain seperti kopi dan teh. Lalu apa sebenarnya manfaat minum air putih?

manfaat minum air putih

Air putih merupakan zat mineral yang paling murni dan tanpa efek samping. Tidak heran jika seluruh pakar kesehatan menyarankan untuk lebih banyak minum air putih dibanding minuman lain seperti  kopi, teh, minuman berenergi, dll. Berikut ini adalah 7 manfaat minum air putih yang harus anda ketahui

1. Meningkatkan energi
Kegiatan seharian pasti membuat kita kelelahan. Sebagian orang percaya bahwa minuman berenergi cukup untuk mengganti energi yang mereka keluarkan seharian. Padahal sebenarnya minum air putih saja sudah cukup untuk mengganti energi yang baru dan membuat tubuh jauh lebih segar. So, masih lebih bermanfaat air putih dibandingkan minuman yang lain.

2. Mengeluarkan racun
Air putih dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam organ tubuh seperti usus dan ginjal. Racun-racun tersebut akan dibuang melalui urin. Dengan banyak minum air putih, maka kinerja organ tubuh kita akan menjadi lebih baik.

3. Menjaga berat badan
Minum air putih bermanfaat untuk menahan nafsu makan. Sehingga berat badan kita dapat terkontrol dengan baik dan dapat mencegah dari obesitas.

4. Menyehatkan kulit
Jangan lupa bahwa air juga dapat membuang racun-racun dari dalam tubuh termasuk kulit. Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit kita lebih segar, sehat dan cerah sepanjang hari.

5. Tulang yang sehat
Air yang cukup bisa membantu untuk memproduksi sel-sel tulang yang baru. Tulang kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah kropos. Sehingga kemungkinan terserang osteoporosis dapat diminimalisir.

6. Menjaga fungsi pencernaan
Air juga dapat membuat sistem pempungan limbah efisien dalam saat mencerna makanan dan minuman. Sehingga sistem pencernaan nutrisi tubuh kita juga semakin baik.

7. Meningkatkan fungsi otak
Air juga membantu otak kita bekerja dengan lebih optimal. Alasannya adalah otak kita ternyata mengeluarkan energi listrik dan air adalah konduktor yang baik untuk energi tersebut. Sehingga air dapat membuat fungsi listrik dalam otak ini lebih maksimal.

sumber: detik.com dan berbagai sumber lainnya

Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat


Daya ingat yang baik memang dibutuhkan semua orang. Namun daya ingat setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatannya. Sebagian kecil orang memiliki daya ingat yang sangat tinggi dan mampu menghafal berbagai pelajaran yang sulit. Namun sebagian besar justru pelupa dan tidak ingat bahkan untuk nama temannya sendiri. Kalau sudah begitu, bagaimana caranya untukmeningkatkan daya ingat? Ada beberapa tips untuk membuat ingatan kita lebih awet. Salah satunya yaitu dengan makan bergizi yaitu makanan untuk meningkatkan daya ingat.

meningkatkan daya ingat

Tingkat ketajaman daya ingat setiap orang memang berbeda-beda dan dipengaruhi berbagai faktor, seperti kesehatan, genetika, psikis, dan lingkungan. Namun setiap orang memiliki kesempatan untuk meningkatkan daya ingatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang berguna untuk meningkatkan daya ingat.

1. Ikan
Sejak kecil kita dibiasakan makan ikan oleh orang tua. Katanya sih agar tidak cepat lupa. Dan ternyata itu bukan isapan jempol belaka. Ikan memang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mempertajam daya ingat kita. Ikan mengandung DHA dan asam lemak omega 3 yang sangat berpengaruh pada fungsi otak untuk mengingat sesuatu. Yves Sauve, seorang peneliti dari the department of ophthalmology and the Centre for Neuroscience, menyatakan bahwa banyak makan makanan mengandung DHA dapat membuat sel-sel ingatan di dalam hippocampus dalam otak terhubung dengan baik. Ikan yang mengandung banyak DHA adalah ikan mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya.

2. Teh hijau
Jurnal Molecular Nutrition & Food Research mempublikasikan sebuah penelitian tentang manfaat teh hijau. Hasilnya didapat bahwa kandungan EGCG yang terkandung dalam teh hijau ampuh untuk melawan penyakit degeneratif danmeningkatkan daya ingat yang diakibatkan penyakit atau kondisi tertentu.

3. Popcorn
Cemilan yang sering menemani kita nonton ini memang dibenci para pelaku diet. Namun popcorn ternyata dapat membantu tingkat konsentrasi dalam bekerja. Popcorn mengandung vitamin B6, B12 dan E yang baik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

4. Kafein
Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, cokelat dll bisa membuat otak lebih berkonsentrasi dan lebih fokus. Otak akan berada dalam posisi 'terjaga' setelah meminumnya.

5. Tomat
Tomat kaya akan antioksidan dan lycopene yang dapat membantu mencegah berbagai kerusakan yang diakibatkan radikal bebas yang disebabkan karena faktor usia.

6. Kacang-kacangan
Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh dan dapat memperbaiki sistem kerja otak.

7. Sarapan pagi
Sarapan pagi dapat membantu kinerja otak untuk sehari penuh. Usahakan anda tidak pernah melewatkan sarapan meskipun hanya sepotong roti dan segelas susu. Sarapan pagi tidak perlu banyak yang penting mengandung protein yang cukup.

sumber: detik.com

6 Manfaat Madu yang Sangat Baik Untuk Tubuh


Siapa yang tidak kenal madu? Madu sudah terkenal dengan rasanya yang manis dan kaya akan nutrisi. Minum madu setiap hari bermanfaat untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Madu juga banyak digunakan sebagai pelengkap bahan kuliner. Lalu apa saja manfaat dan khasiat madu yang berguna untuk tubuh? Berikut ini adalah daftar 6 manfaat dari madu yang dikutip dari detik.

manfaat

1. Mengobati batuk di malam hari
Penelitian yang dilakukan Dr Herman Avner Cohen membuktikan bahwa madu bermanfaat untuk mengatasi batuk pada malam hari. Sehingga tidur pun semakin nyenyak. Penelitian ini diikuti 300 anak balita yang memiliki masalah batuk di malam hari.

2. Membantu sistem pencernaan
Studi terbaru menemukan bahwa madu ternyata dapat meningkatkan mikroflora dalam usus. Mikroflora inilah yang akan berperan untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit jantung dan kanker
Madu mengandung suatu zat yang bernama polifenol. Yaitu sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga berpengaruh pada kesehatan jantung dan mencegah dari kanker.

4. Mengobati luka
Hidrogen peroksida yang terkandung dalam madu ternyata dapat mengatasi penyakit kulit, kulit terbakar dan luka pada kulit. Caranya cukup dengan mengolesi madu pada kulit yang terkena penyakit atau luka.

5. Mengobati jerawat
Berdasarkan penelitian, jenis madu Manuka dan Kanuka terbukti efektif untuk mengobati acne vulgaris. Yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada folikel bagian wajah, punggung dan dada.

6. Mencegah gigitan nyamuk
Madu mengandung sifat anti peradangan (anti inflamasi) yang berfungsi mengurangi gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

Itulah tadi 6 manfaat madu yang harus kita ketahui. Masih banyak khasiat madu lain yang belum ditulis di sini.  Oke, semoga bermanfaat.

Tips Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Keluar Kamar


Perut rata atau sixpack memang dambaan semua orang. Banyak yang rela melakukan olahraga berat sampai mengeluarkan uang demi mendapatkan perut yang ideal. Namun sebenarnya kita tidak perlu mengeluarkan uang hanya untukmengecilkan perut, apalagi sampai diet ketat. Tanpa keluar kamar pun kita bisa koq mengecilkan perut kita. Berikut ini adalah beberapa olahraga mudah dan ringan namun sangat efektif untuk mengecilkan perut.

1. Push up

mengecilkan perut buncit

Olahraga ringan ini ternyata cukup efektif membuat perut kita rata. Sebuah penelitian terbaru di jurnal Obesity membuktikan bahwa push up bisa meningkatkan kadar testosteron. Testosteron ini berfungsi untuk meratakan perut buncit. Kekurangan testosteron banyak disebabkan karena penumpukan lemak visceral atau lemak yang menempel di organ dalam perut.

Push up sangat mudah dilakukan, tanpa matras pun kita tetap bisa push up. Sebaiknya mulai dari yang ringan dulu, dua seri setiap pagi dan sore, masing-masing 25 kali. Selanjutnya tingkatkan secara bertahap.

2. Sit up

mengecilkan perut buncit

Gerakan sit up yang terpusat di dalam otot perut, sangat efektif mengecilkan perut buncit jika dilakukan dengan benar. Posisi sit up yang benar adalah kaki menekuk. Sedangkan tangan berada di samping kepal, bukan memegangi leher/tengkuk.

Selain itu dianjurkan untuk menggunakan alas yang empuk seperti matras untuk mencegah rasa sakit di punggung. Agar mendapatkan hasil yang optimal, disarankan untuk melakukan sit up minimal 15 menit sehari.

3. Lompat tali atau skipping

mengecilkan perut buncit

Walaupun terkesan mudah, lompat tali ternyata sangat ampuh untuk membakar lemak kalori dalam tubuh. Bukan hanya otot kaki atau paha saja, lemak pada perut dan tangan pun juga ikut dibersihkan. Disarankan untuk melakukan lompat tali minimal 15 menit sehari.

4. Hula hoop

mengecilkan perut buncit

Selain mengasyikkan, hula hoop juga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Gerakan hula hoop atau menggoyangkan pinggul selama 10 menit ternyata mampu membakar 100 kalori dalam tubuh. Hula hoop mudah dan murah karena hanya butuh mainan hula hoop yang terbuat dari plastik atau rotan. Kalau belum terlalu mahir, silahkan berlatih setiap hari sampai bisa.

Mengecilkan perut buncit memang mudah dilakukan. Olahraga-olahraga di atas bisa dikerjakan tanpa harus keluar kamar dan tanpa keluar biaya. Selain itu jangan lupa untuk tetap mengontrol makanan agar hasil lebih optimal. Selamat mencoba!

sumber: detik

Tips melakukan push up


Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya

Push up memang olahraga yang ringan dan efektif untuk mengecilkan perut. Push up bermanfaat untuk menguatkan lengan dan otot perut. Namun sikap push up yang salah justru tidak membawa manfaat apa pun malah memberi efek buruk pada tubuh. Lalu bagaimana sih sikap atau posisi push up yang benar? Berikut ini adalah tips melakukan push up yang benar dan efektif.

push up yang benar


  1. Sebaiknya jangan gunakan alas atau matras saat melakukan push up. Lakukan saja di atas lantai.
  2. Posisi tangan melebar di lantai. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, sehingga seluruh tubuh bisa ditopang dengan lurus dan sempurna.
  3. Tekuk sikut sambil membuang napas, turunkan posisi bahu sampai sikut membentuk sudut 90 derajat.
  4. Kemudian sambil menarik napas, dorong bahu ke atas sambil tangan selurus mungkin, namun usahakan posisi sikut tidak kaku.
Push up sebaiknya dilakukan saat perut sedang kosong, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemula disarankan melakukan push up 2 seri setiap hari (25 kali perseri). Selanjutnya bisa ditingkatkan secara bertahap.

Manfaat Push Up


Push up memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain yaitu
  1. Mengencangkan otot
    Rajin push up akan mengencangkan otot khususnya otot bagian lengan.
  2. Mencegah osteoporosis
    Push up juga dapat memperkuat tulang sehingga mencegah dari tulang kropos atau osteoporosis.
  3. Panjang umur
    Sebuah studi dari University of Greifswald yang dilakukan selama tujuh tahun, menunjukkan bahwa rajin melakukan push up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Testosteron ini berfungsi mencegah risiko diabetes, hipertensi, dan obesitas.
  4. Meratakan perut buncit
    Push up adalah salah satu olahraga yang ringan dan gratis untukmengatasi perut buncit. Bagi yang ingin perutnya rata, ayo rajin push up!

Tips Kesehatan Untuk Ibu Menyusui


tips ibu menyusuiMenyusui adalah kegiatan yang bermanfaat untuk sang bayi. Bayi usia di bawah 2 tahun, sangat membutuhkan ASI untuk perkembangannya. Namun menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bayi, sang ibu pun juga bisa merasakan manfaatnya. Banyak sekali penelitian kesehatan yang membuktikan bahwa menyusui dapat mencegah wanita dari kanker payudara. Berikut ini beberapa tips kesehatan untuk ibu menyusui

1. Susui bayi kapanpun ia minta

Sebagian ibu banyak yang menjadwalkan pemberisan ASI. Sebaiknya hal ini dihindari karena kapasitas produksi ASI ibu bervariasi. Semakin kecil produksi, semakin sering dan lama bayi menyusui. Dan hanya bayi itu sendiri yanng tahu kapan ia harus menyusu.

2. Gunakan baju yang nyaman

Ibu-ibu sangat merasa nyaman jika saat menyusui menggunakan baju menyusui yang oke. Untuk itu gunakan baju longgar dan tidak ketat. Tentu saja pilih bahan yang membuat sang ibu nyaman.

Saat ini banyak breastfeeding wear yang hadir dengan berbagai macam model yang bisa anda pilih. Dengan menggunakan baju yang khusus untuk menyusui, tentu saja sang ibu akan lebih nyaman untuk memakainya karena memang didesain sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan sang ibu.

3. Tips bagi ibu yang bekerja

Tentu saja bagi ibu yang menyusui sebisa mungkin harus mengurangi jam kerjanya. Namun jika memang harus bekerja, usahakan ketika bekerja di luar rumah semapatkanlah sebisa mungkin untuk menyusui bayi. Satu kali sebelum berangkat bekerja, lalu sore hari setelah anda bekerja dan sekali setelah anda makan malam. Namun seperti tips nomor 2, anda harus siap kapanpun bayi minta dan biasanya ini terjadi tengah malam.

4. Tips menyusui tengah malam

Jika anda kelelahan dan harus menyusui tengah malam, bisa dengan menyimpan ASi dalam botol agar dapat diberikan pada si bayi kapan saja. Namun jangan berikan ASI yang disimpan pada bayi melewati 2x24 jam.

Selain itu jika anda merasa kurang nyaman menyimpan ASI dalam botol, mau tidak mau anda harus menyusui si bayi tengah malam. Ini bisa diakali dengan menggunakan baju menyusui / nursing wear saat tidur. Jika menggunakan nursing wear, wanita bisa menyusui kapan dan dimana saja dengan nyaman.

Diet Sehat dengan Minum Jus


Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari minuman jus. Minuman yang berasal dari buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral sangat baik untuk kesehatan bahkan untuk diet. Jus untuk diet ? ya, banyak diantara kita kurang menyadari bahwa jus dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk diet sehat.

Ada banyak jenis buah atau sayuran yang dapat anda gunakan untuk diet sehat anda, berikut ini beberapa Tips Diet Sehat dengan Jus.
  • Jus Bit
Bit banyak mengandung, zat besi, kalium, vitamin C serta magnesium yang baik untuk sel darah merah dan baik untuk diet.
  • Jus Jeruk
Jeruk yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan dan fungsi untuk meningkatkan fungsi pencernaan sangat baik digunakan untuk anda yang sedang berdiet.
  • Jus Pir
Pir kaya akan kalsium, vitamin C, kalium, magnesium dan fosfor ini sangat baik untuk diet.
  • Jus Delima
Jus ini baik untuk jantung anda dan kandungan antioksidan yang baik untuk berbagai kanker, sehingga baik untuk dikonsumsi untuk minuman diet.
  • Jus Cranberry
Mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Terkenal karena manfaatnya yang membantu banyak wanita dalam menghindari infeksi di saluran kandung kemih. Jus cranberry mencegah adanya bakteri E.coli yang telah dibuktikan sebagai penyebab utama infeksi saluran kemih. Anda dapat mengkombinasikan cranberry dengan pisang sebagai bentuk nutrisi sempurna yang berasal dari vitamin serta protein.
  • Jus Blueberry
Blueberry memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok untuk anda yang sedang diet sehat, serta kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan yang mampu menanggulangi radikal bebas.
  • Jus Wortel
Memiliki kadar kasium  tinggi, kalium, serta magnesium yang amat berguna bagi kelangsungan tulang dan tubuh secara keseuruhan. Salah satu jus untuk menurunkan berat badan ini juga mengandung karoten yang membantu tubuh anda tetap sehat. Ternyata, jus ini tidak hanya berkontribusi besar-bearan terhadap kesehatan mata, namun juga kaya akan kandungan antioksidan yang membantu memerangi penyakit kanker.

Adanya banyak manfaat yang didapatkan dari minuman kesehatan ini. Silahkan anda mencoba beberapa daftar jus untuk mendukung program diet sehat anda.